Kamis, 29 April 2010

Super Junior for Teens Magazine, May 2010


Turning into Super Men
Memecah semua pikiran sterotypes dari tipikal sebuah boyband, Super Junior sekarang adalah sekumpulan pria yang tidak akan pernah ada matinya. By Raine Koh.
Lampunya dimatikan dan sekeliling stadium Putra Indoor diterangi oleh warna sapphire blue light sticks. Super Junior ada di Malaysia! Tidak peduli walaupun hanya ada 10 anggota – di waktu itu, Super Junior memberikan semua apa yang mereka punya. Kibum berhenti ikut terlibat mempromosikan album sejak tahun 2009, Kang-in dalam posisi hiatus dari semua kegiatan Super Junior setelah kasus tabrak larinya ketika Hankyung berbicara dengan pengacaranya untuk meninggalkan grup dan SM Entertainment. Dengan koreaografi yang sempurna, senyum yang cerah, acara “Super Show” harus tetap berlanjut.

Wonder Boys
Dari pandangan orang awam, Super Junior seperti sebuah boy band pada umumnya dan bahkan malah seperti sebuah agensi bakat mandiri. Awalnya kami mempunyai seorang DJ dan berbagai acara variety show (Leeteuk, Kang-in, Eunhyuk dan Shindong), lalu kami juga beberapa aktor (Kim Kibum, Siwon dan Heechul), para penari (Donghae dan Hankyung) dan akhirnya, para penyanyi (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung dan Sungmin). Tapi sejujurnya, semua anggota bisa menjajah segala bidang. Mungkin inilah daya tarik dari Super Junior – kamu tidak bisa hanya menaruhnya dalam satu box. Ketika oy band yang lainnya lebih memperhatikan sisi cool mereka, Super Junior malah mengorbankan imej mereka dengan melakukan sebuah eksperimen dodol di acara variety show, Explorers Of the Human Body in 2007.
Debut di dunia pop Korea sejak tahun 2005 dengan anggota awalnya 12 orang dibawah bendera SM Entertainment, masyarakat dibuat terkejut dengan banyaknya jumlah anggota dari Super Junior. Dimaksudkan dijadikan sebuah proyek grup bongkar pasang, Super Junior tadinya tidak diharapkan menjadi sebuah grup yang permanen, dengan anggota yang sudah tua “lulus” duluan maka anggota baru akan direkrut setiap tahunnya. Walau begitu, Super Junior, dengan sebutan Super Junior 05, mulai meraih popularitas dan banyak menerima ketidaksetujuan dengan menganti-ganti anggota. Ketika tahun 2006 datang, Super Junior 05 diganti menjadi Super Junior dengan satu tambahan anggota, Kyuhyun. Lalu mereka menjadi lebih komplit dengan jumlah 13 orang. Grup ini langsung meraih penghargaan sebagai sebagai “Best New Group of 2006″ di top musik Korea Selatan.
“Orang lain tidak akan mengerti ini, tapi ketika hanya ada 10 atau 11 orang, kami merasakan perbedaan yang besar. Kami hanya akan berpikir dengan jumlah seperti ini bagaimana harus melakukan sebuah pertunjukkan yang lebih baik seperti ketika kami ber-13 tampil di panggung,” kata Donghae, di acara MBC Come To Play, variety show di Korea.
Trials and Tribulations
Walaupun memiliki anggota yang berjumlah 13 orang memiliki banyak keistimewaan, tapi tetap saja setiap masalah dibagi bersama.
Heechul pernah mengalami suatu kecelakaan mobil pada tahun 2006 dimana dia patah tulang paha dan harus menaruh sebuah logam besi di kakinya. Tahun 2007, empat anggota (Kyuhyun, Leeteuk, Eunhyuk dan Shindong) juga pernah terlibat sebuah kecelakaan mobil. Kyuhyun dan Leeteuk menderita luka serius, dengan Kyuhyun menderita patah tulang rusuk dan pinggul, dan pingsan beberapa kali.
Ketika Kyuyun akhirnya bisa kembali lagi ke panggung, Leeteuk bilang selama syuting video, Making of “Don’t Don”, “Kami sangat bersyukur bahwa Kyuhyun bisa kembali. Kami berharap dari sekarang ini, apapun yang terjadi kami akan selalu bersama.” Bersyukur bahwa semuanya sekarang sudah pulih kembali, walaupun kaki Heechul terkadang memberikannya banyak masalah sekali-kali, yang akhirnya dia tidak bisa banyak ikut berpartisipasi di dalam tarian Super Junior.
Salah satu yang tidak boleh dilewatin dan pasti selalu disebut-sebut adalah nama fanclub mereka, E.L.F, dimana kepanjangannya adalah EverLasting Friends. dengan warna official berwarna pearl sapphire blue, E.L.F adalah salah satu fansclub terbesar di Korea. Mereka menjadi sangat terkenali di tahun 2008, ketika banyak orang yang duduk di depan gedung SM mengadakan sebuah silent protest . Alasannya adalah karena SM Entertainment akan menambah anggota lagi untuk Super Junior. Pada akhirnya anggota anggota barunya (Henry dan Zhoumi) tidak ditambahkan ke Super Junior,  mereka menjadi bagian dari sub-grup Mandarin, Super Junior M.

Sorry, Sorry for Making You Scream
Setelah selama setahun kegiatan sub-grup diadakan, Super Junior pada tahun 2009 tampil secara utuh. Dengan judul album ketiga mereka, “Sorry, Sorry”, dengan chorus yang enak di dengar dan gerakan tarian yang akhirnya menjadi hit di Korea dan di luar negeri. Super Junior kembali lagi sebagai seorang laki-laki yang menakjubkan degan hasil kopi penjualannya mencapai 250.000 kopi, menjadi penjualan album terbail di tahun 2009.
Boy band ini sekarang sedang merekam album ke-4 mereka. Penulisnya sambil menonton rekaman wawancara lama di tahun 2008  (Arirang Showbiz Extra). Leader Leeteuk bilang waktu itu, “Aku berharap Super Junior akan tetap bersatu bersatu selamanya. Walaupun ini hanya sebagian dari rasa egoisku saja, aku berharap semua anggota merasakan hal yang sama sepertiku.” Khususnya dengan kepergian Hankyung dari grup ini jika menjadi kenyataan, tapi dengan sisa dari member yang ada sekarang mereka juga akan menemui kesulitan seperti ini juga. Sebagai salah satu anggota Super Junior, Eunhyuk  pernah menyatakan di blognya di bulan Februari 2010, “Maafkan, tapi kami (Super Junior) tidak akan pernah mati.”

(Di bawah ini adalah fan account dari si penulis ketika SS2 di Malaysia.)
Aku mempunyai sebuah pengakuan. Ini adalah “Super Show 2″ ketiga yang pernah aku datangi, pertama kalo ketika sedang berada di Seoul tahun lalu. Sekarang ini aku aku menghadiri press conferencenya dimana diadakan sebelum beberapa jam akan tampil.
Super Junior datang. Dengan pakaian konser mereka, mereka menyapa para wartawan dengan sangat ramah. Decked in their concert outfits, they greeted the press warmly. Dengan senyum yang sopan, para anggota terlihat sangat kelelahan dengan jadwal yang padat : Mereka harus berlatih sampai tengah malam ketika Siwon baru saja sampai di Malaysia beberapa jam sebelumnya karena syuting dramanya (Siwon pemeran utama drama korea terbaru, Oh! My Lady).
Di press conference, pembawa acaranya bertanya beberapa pertanyaan dimana jawabannya di jawab oleh leadernya, Leeteuk. Dia bilang, “Para fans akan bisa melihat kami dalam suasana seperti di pesta dan melihat kami berpakaian ala wanita! Silakan dinikmati dan pastinya akan banyak kesenangan disana.” Ini adalah kali ketiga Super Junior berada di Malaysia, tapi waktu pertama kali mereka mengadakan konser juga. Leeteuk menambahkan, “Kami mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara lebih dekat dengan para penggemar. Ini pertama kalinya bagi kami mengunjungi Malaysia, dimana kami merasa bisa langsung berhubungan dengan fans kami.”
Beberapa jam kemudian, kami bisa melihat Super Junior kembali. Kali ini, semua kelelahan yang mereka tunjukkan ketika di press conference semua hilang begitu saja dan sama sekali tidak terlihay. Dengan lagu pembukanya, “A Man In Love”, seluruh stadium langsung mengeluarkan lampu sapphire blue light dan teriakan dukungan dari para penggemar yang datang. Yang aku suka dari konser Super Junior adalah mereka selalu bisa berinteraksi. Sebagaimana besar stadiumnya atau dimanapun kamu duduk, satu anggota pasti akan berdiri dekat dengan dirimu, dan menguasai area tersebut.
Ini adalah salah satu keuntungan mempunyai banyak anggota. Salah satu highlights dari Super Junior adalah mereka sangat menghibur dan tidak pernah takut untuk membuat konyol diri mereka sendiri. Berpakaian ala bayi, dengan kostum binatang ataupun berdandan seperti wanita, mereka semua mengeluarkan kemampuan mereka dan bisa membawa diri mereka sendiri ke panggung tersebut.
Konsernya sendiri bisa di bagi menjadi – Pembukaan dan penutupan, solo, sub-group, tarian dan adegan komedi. Tampilan terbaik mereka yaitu ketika mereka menampilkan album ke-3 mereka dan sub-grup, setiap lagu dibuat secara visual dan vokal. Bahkan ada video selingan bagaimana mereka bisa sampai menampilkan penampilan yang mengagumkan ini.
Salah satu panggung favoritku adalah sewaktu “Don’t Don” dimana ada adegan seperti berkelahi. Para member juga terlihat sangat bahagia ketika harus berdandan ala wanita sebagai girl grup dari (FX) dan menyanyikan “Chu”. Yang paling favorit adalah lagu dari Super Junior M, “Super Girl” dan lagu yang paling tidak bisa dilewati dan sangat ditunggu adalah “Sorry Sorry”. Kebanyakan fans prianya pun juga banyak yang datang (ya, banyak juga fans laki-lakinya) mereka sangat senang ketika konser perkenalannya muncul.
Dilaporkan bahwa konser ini menelan biaya sampai RM$6 million (SGD$2.5 million), Aku sangat senang dengan pihak penyelanggaranya karena dari segi suara, panggung, dan pencahayaannya persis sama seperti waktu “Super Show 2″ waktu aku di Seoul. Walau begitu sangat disayangkan bahwa mereka hanya tampil 10 orang saja. Aku merasakan perbedaan yang besar karena aku sudah pernah melihat mereka tampil sebanyak 12 orang sebelumnya dan faktanya adalah Hankyung tidak akan pernah bisa tampil lagi dengan mereka membuatku menangis.
Konser berakhir dengan sebuah kata-kata penutupan dari Leeteuk, dimana di translate oleh Siwon. Selama 3 jam mereka tidak berhenti menari, bernyanyim dan tampil menakjubkan, semua member tidak pernah gagal menghibur penggemarnya. Kami menemukan berita dari blognya Leeteuk bahwa sebenarnya dia sedang sakit selama konser itu. Tapi untuk para fans yang melihatnya dengan energi dan tidak pernah lupa untuk tersenyum pasti tidak sadar bahwa dia sedang sakit – itu adalah salah satu keprofesionalan seorang Super Junior. Mereka adalah laki-laki normal dengan kepribadian yang super.
Fans Singapore sangat menunggu bahwa mereka suatu hari akan datang ke sunny island kami, ayo kita antisipasi album ke-4 nanti!

Tidak ada komentar: