Rabu, 17 Februari 2010

Copy Cat ? NonSense !

Tidak ada yang bakal mengenal nama Lyle beniga, tidak seorangpun sebelum koreografer asal negeri paman Sam keturunan Asia-Amerika ini membuat heboh dengan komentarnya di twitter, bahwa kemenangan Leeteuk dkk membawa pulang I box daging bakar itu tidak luput dari Copy Cat dan isu plagiarism ^__^
Dance koreografi Superjunior yang kemarin malam terbilang Smooth, unik dan kreatif rupanya tidaksemua orang berpendapat sama. Ada beberapa suara sumbang yang menilai SJ sebagai JA-BBA-WO-CKEEZ dadakan di awal lagu lengkap dengan topeng putih mereka yang mencolok itu. Dan yang paling HOT setelahnya adalah adanya waktu selama 30 detik, dimana Eunhyuk, Shindong, dkk memakai koregarfi ciptaan Lyle-Mic Check yang konon tanpa sepengetahuan Lyle hingga yang bersangkutan disodorkan video MBC Star Dance Battle oleh temannya.
Apa yang bisa kita ambil dari kejadian ini cukup menarik untuk disimak. Rupanya yang namanya isu plagiarism / copy cat, bajak membajak bukan hanya persoalan musik semata. Ini isu sensitifm dan semakin lama kita melihat, maka kita akan semakin paham kalau orisinalitas itu sudah jadi barang langka di muka bumi. Boleh kukatakan, mulai dari music, desain, fashion, bahkan lagu sekalipun tidak ada lagi yang bisa disebut Orisinil. Mirip beberapa nada dan gerakan saja sudah dituduh sebagai karya plagiat , so..what’s the point ? toh kalau mau bicara keras soal copy ctam gerkana tangan Sorry Sorry sendiri juga bukan orisinil. Sejak kecil, gw sendiri sudah melakukan gerakan tersebut kalau mencuci tangan di wastafel ! Tarian Single Lady- beyonce juga merupakan copy dari gerakan era 70 !
SJ kecolongan ! Sialnya, mereka hanya lupa menambahkan kata CREDIT : Lyle di televisi. Tapi mengapa hanya SJ yang disorot ? sedangkan Rainbow/Joori mengcopy  Single Ladies, Beast –dengan MJ, 2pm/AS- Chris Brown, SNSD- Sophia F ? Patut mereka ingat. Bukankah SJ sendiri tak pernah mengatakan bahwa koreografi dance itu CIPTAAN SUPERJUNIOR ? Sepertinya mereka tidak pernah bilang apa – apa ? Pure entertainment ONLY, jangan samakan dengan pembuatan album ataupun lomba mencipta lagu. Ini Star Dance Battle, dan judul dance SJ sendiri sudah ditempel segede gaban dengan title di bold : SJ’s DANCE REMIX ! tak ada embel – embel UANG ataupun PROFIT. Acara tersebut hanya program premature dan dalam jangka waktu pendek. SJ tidak merilisnya dalam bentuk MV dan memperjual belikannya untuk keuntungan. Yang mereka dapat dari menarikan dance Lyle hanyalah 1 kotak daging mentah untuk pesta BBQ di apartemen.
Salah seorang, yang sudah berkecimpung 7 tahun di dunia tari-pun mengakui, It’s not a big deal ! Mereka hanya meminjam 30 detik. Selain itu mengenai Jabbawockeez yang seringkali SJ disama – samakan dengan kontestan grup amrik tersebut ? White Mask sendiri sudah digunakan sejak decade 1980, jadi Jabbawockeez sendiri tidak memiliki copyright resmi mengenai penggunaan topeng ini. Para B-boy Korea dan perancis-pun sendiri sering menggunakan modle topeng semacam ini.  Dance is entertainment and art expressed through movement ! “Jangan sampai ada rasa benci, nikmati saja, kalau tidak, lebih baik sekalian jangan ditonton !”
Lyle sendiri mengatakan tidak masalah dengan hal itu. Toh sebagai koreografer pro, dia seharusnya sudah paham betul konsekuensi mengup-load Video tari di youtbe ^__^ Yah anggap saja kejadian pembelajaran lagi bagi SJ. Menghadapi para netizen yang rese dan suka cari rebut, kedepannya mereka harus menuliskan kata CREDIT sebesar mungkin. Dan selain itu, kalau mereka masih belum puas, rasanya SJ sendiri tidak akan keberatan untuk membagi hadiah yang mereka dapatkan di Star dance Battle kepada Lyle ~ wkwkwkwkkwkw~ Toh, ongkos kirim 1 kotak daging dari Korea ke amrik Cuma 250.000 dengan DHL  ^____^

Lyle Beniga choreo for “Mic check” ( begin at 0:24)


Super junior Perf at MBC Star Dance Battle ( begin at 2:23)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nama lagu yg dipakai di dance terakhir suju itu apa?

Unknown mengatakan...

aq jga kurang tau ^^
heheheh trlalu lama blasny y... ahkir2 ni aq jarang ngeepost...